Bagaimana Cara Membatalkan Tiket Kereta Api?

Naik kereta api..
tutt..tutt..tuutt
Siapa hendak turut..

Yap, kali ini saya ingin berbagi pengalaman tentang perkereta apian, tepatnya tentang ticketing. Hari ini saya berangkat ke stasiun pasar senen untuk melakukan pembatalan tiket. kebetulan ada 3 tiket yang harus dibatalkan karena ada perubahan agenda. 
sesampainya di pasar senen, pukul 11.00 WIB. langsung ngacir ke mesin antrian. disini ada 3 jenis antrian, kalau gag salah tombol A untuk reservasi tiket, tombol B untuk pembatalan dan tombol C untuk layanan csustomer service (kalau ga salah lho ya, hehehe). oke deh dengan pedenya mau mencet tombol B, eh tapi kok... mesinnya mati? wah jangan-jangan rusakkk...(toleh kanan-kiri, takut disangka yang ngerusakin..)
tiba-tiba pundak ditepuk dari belakang. seorang bapak-bapak dengan tinggi 170an cm, badan tegap, kumisan (enggak ding..hehe) menegur saya, berikut adegannya, S (saya) dan B (bapak2)
B   : " mas, ada yang bisa saya bantu?", uajrnya dengan penuh selidik
S   : "ndak pak, bukan saya yang ngerusakin pak, sumpah, ini mesinnya mati sendiri pak ..", 
B   : "memang mati kok mas, antriannya sudah mencapai seribu nomor jadi mesin antriannya dimatikan, itu aja kemungkinan tidak semuanya yang udah ambil nomor bisa dilayani mas.."
(sumpah dalam hati kaget plus dongkol udah jauh-jauh kesini ternyata..)
S   : "lah terus saya ini kan mau batalin tiket, kemana enaknya pak?"
B   : "coba aja ke stasiun gambir mas"
S   : "Oke pak, terima kasih banyak (salim cium tangan).

Lanjut deh dengan si merah bergerak ke pusat kota jakarta. sepuluh menit kemudian sampailah di Stasiun Besar Gambir. sesampainya di dalam, celingak-celinguk sebentar nyariin loket pembatalan. sesosok bapak-bapak tua di dekat pintu (a.k.a security) memberi petunjuk ghaib (halah) untuk datang ke loket 12. letak loket 12 ini tak jauh dari pintu kedatangan. Oiya untuk pembatalan tiket ini yang harus dipersiapkan adalah :
  1. Tiket yang akan dibatalkan. jangan lupa dicetak dulu di mesin CTM (cetak tiket mandiri). Ingat, tiket ini hanya bisa dicetak satu kali, jadi setelah dicetak harap dijaga baik-baik dan jangan sampai hilang yah.
  2. Fotokopi KTP satu lembar
  3. Formulir pembatalan tiket (kertasnya warna merah). ambil dua rangkap ya (sekalian sama kertas tembusannya)
  4. Bolpoin. terkadang ada ystasiun yang nyediakan bolpoin ini. di stasiun Gambir maupun Pasar Senen tidak disediakan bolpoin (udah capek hilang kali yaa..) jadi sebaiknya bawa bolpoin dari rumah agar tidak kebingungan cari pinjaman.
Penampakan Form Pembatalan Tiket 
sumber :http://artasarana88.blogspot.com/2013/05/form-pembatalan-tiket-kereta.html

Petunjuk pengisian formulir diatas secara ringkas adalah:
  1. Nama, alamat, nomor telpon diisi sesuai data kalian yah
  2. contreng kotak "pembatalan". lalu isi kolom kode booking dengan kode booking tiket yang akan kalian batalkan. biasanya satu form berlaku untuk satu kode booking. apabila dalam satu kode booking ada beberapa penumpang, dan tidak semuanya dibatalkan maka isilah nomor seri tiket yang akan dibatlakan pada kolom "nomor seri tiket yang dibatalkan"
  3. Kolom "kereta api pengganti diisi apabila kita tidak membatalkan tiket tapi merubah jadwal. 
  4. Pilihlah salah satu metode pengembalian biaya tiket. bisa diambil langsung di stasiun tersebut atau ditransfer ke bank masing-masing. 
  5. jangan lupa isikan tanggal, tanda tangan dan nama terang
setelah itu serahkan form tadi bersama tiket dan fotokopi KTP kepada petugas. setelah itu kita akan diberikan tanda bukti dibelakang salinan form seperti penampakan berikut
.
contoh bukti pembatalan tiket
sumber : http://matriphe.com/2014/10/14/mengurus-pembatalan-tiket-kereta-api.html

Beberapa hal yang musti kita ketahui :
  • Tidak semua stasiun di Jakarta melayani pembatalan tiket. Mulai 1 Januari 2015 hanya ada 8 stasiun di daerah jabodetabek yang melayani pembatalan tiket, yaitu Stasiun Bekasi, Gambir, Pasar Senen, Jakarta Kota, Bogor, Serang, Rangkasbitung dan Cikampek.
  • Pengembalian biaya tiket tidak bisa saat itu juga, harus menunggu antara 30-45 hari kerja.
  • apabila sampai 45 hari kerja belum masuk di rekening maka silahkan menghubungi customer care PT KAI di (021) 121, lalu tekan angka 6 untuk berbicara dengan operator.
 Berikut daftar stasiun yang melayani pembatalan dan pengambilan tiket kereta api :
DAFTAR NAMA STASIUN
Yang melayani pembatalan tiket dan pengambilan bea tiket yang dibatalkan
NO NAMA PENGELOLA
1. Medan, Tebingtinggi, Siantar, Tanjungbalai, Kisaran Rantauprapat Divre I Sumatera Utara
2. Padang Divre II Sumatera Barat
3. Kertapati, Prabumulih, Lubuklinggau, Baturaja, Kotabumi, Tanjungkarang Divre III Sumatera Selatan
4. Serang, Rangkasbitung, Jakartakota, Gambir, Pasar Senen, Bogor,Bekasi, Cikampek Daop 1 Jakarta
5. Purwakarta, Bandung, Kiaracondong, Tasikmalaya, Banjar Daop 2 Bandung
6. Cirebon, Cirebon perujakan, Jatibarang, Brebes Daop 3 Cirebon
7. Tegal, Pekalongan, Semarangponcol, Semarangtawang, Cepu, Bojonegoro Daop 4 Semarang
8. Purwokerto, Kroya, Cilacap, Kutoarjo Daop 5 Purwokerto
9. Yogyakarta, lempuyangan, Solobalapan Daop 6 Yogyakarta
10. Madiun, Kertosono, Kediri, Jombang Daop 7 Madiun
11. Surabayagubeng, Surabaya Pasarturi, Sidoarjo, Malang, Mojokerto, Blitar Daop 8 Surabaya
12. Banyuwangi Baru, Kalibaru, Jember, Probolinggo, Pasuruan Daop 9 Jember



F.A.Q (Frequently Ask Questions)

Tanya:
Pak, mohon info nya. Jika saya membatalkan tiket dengan pengambilan secara tunai, namun saya berhalangan untuk mengambil saat tanggal yang telah ditentukan. Bisakah saya mengambil setelah tanggal yang seharusnya?
Jawab:
Setahu saya bisa. Yang jelas minimal pencairan minimal 30-45 hari dari pembatalan. Kalau khawatir tidak bisa diambil karena ada keperluan sebaiknya transfer saja

Tanya:
saya ingin ganti jadwal, pada pukul 20.00 wib saya tlpn 121 gak bisa nyambung? apakah harus selama jam kerja bisa menghubungi 121?
Jawab:
121 bisa dihubungi 24 jam sehari. Kalau belum nyambung mungkin memang sedang banyak yang dilayani. Ditunggu saja.

Tanya:
Pak, mohon infonya. Kalau saya ingin merubah gerbong tetapi tetap dalam satu kereta yg sama dan jam yg sama, apakah harus ke Stasiun? dan apakah prosesnya lama?
Jawab:
kalau ganti gerbong atau ganti kursi secara resmi tiket harus dibatalkan. lama proses tergantung ada tidaknya kursi yang diinginkan. tapi kalau ingin mudah, silahkan temui kursi yang anda inginkan., tanya pada pemilik kursi mau tukar kursi atau tidak, itu lebih simpel (kalau dia mau).

Tanya:
Apakah saat penukaran tiket harus bawa ktp asli?
Jawab:
tidak perlu. hanya fotokopi ktp sama tiket yang akan dibatalkan. jangan lupa pulpen juga.

Tanya:
Mas, mau tanya saat saya mau melakukan pembatalan untuk 7 tiket, berhubung saya pesan satu nama 4 tiket, jadi kan kami ada 2 nama untuk 7 tiket. Itu ktp yang dibawa nama pemesannya aja atau semuanya yak? Makasih
Jawab:
Jika tiket yang dibatalkan lebih dari satu penumpang namun dengan kode booking yang sama maka fotokopi bukti identitas dan atau surat kuasa pembatalan yang dilampirkan cukup salah satu dari penumpang dimaksud (sumber dari KAI). artinya untuk tiap kode booking dengan nama maka hanya butuh satu copy KTP yang dilampirkan.

Tanya:
Mas mau tanya .. Kalau pembatalan tiket di wakilkan orang lain bagaimana ya ? Apakah hrus sesuai yg tertera yg hrus datang ke stasiun ?
Jawab:
Peraturannya harus orang yang tertera di tiket. apabila di wakilkan kepada orang lain harus melampirkan fotocopy KTP penumpang dan surat kuasa pembatalan yang telah bermaterai.

Tanya:
Kalo ada tiket yang mau dibatalin langsung di switch (ganti orang) gitu bisa gak ya pak??
Jawab:
Maksudnya seperti ganti nama gitu ya? Saya pernah coba dan, tidak bisa. Setelah dicancel kuota tiket dikembalikan ke sistem. Setelah pembatalan coba langsung dipantau apakah kursinya masih kosong atau tidak.

Tanya:
mau nanya kalau tiket promo (bukan tiket harga normal) bisa dibatalkan tidak ya?
Jawab:
Tiket promo tidak bisa dibatalkan / di refund. sumber 

Akhir kata, semoga bermanfaat :)

Komentar